Ads (728x90)

SIDIK JARI SYSTEM
Sidik jari atau dalam bahasa inggris di sebut fingerprint adalah hasil reproduksi tapak jari baik yang sengaja diambil, dicapkan dengan tinta, maupun bekas yang di tinggalkan pada benda karena pernah tersentuh kulit telapak tangan atau kulit telapak kaki kita. Dalam ilmu identifikasi sidik jari dipergunakan untuk keperluan pengenalan kembali identitas orang dengan cara mengamati garis yang terdapat pada guratan garis jari tangan dan telapak kaki.

Di kalangan kepolisian ilmu sidik jari di Indonesia di rintis oleh seorang SS Nazi Jerman yang lari ke Belanda dan kemudian ditempatkan di Makassar oleh seorang desertir kolonial Belanda sebagai perwira polisi. Fungsi yang sebenarnya dari sidik jari adalah untuk memberi gaya gesek lebih besar agar jari dapat memegang benda-benda lebih erat. Sidik jari pada setiap manusia digunakan untuk keperluan identifikasi karena tidak ada dua manusia yang memiliki sidik jari sama persis.

Pada setiap ujung jari (sidik jari) manusia memiliki pola sidik jari yang berbeda beda. Pola-pola dapat juga ditemukan pada ruas kedua dan ketiga disetiap hari. 
Berikut adalah contoh pola pada sidik jari :
  • Whorl Whorl : Titik-titik menonjol dan kontras
  • Arch : Polanya menaik sangat tinggi
  • Loop Loop : Dapat menarik ke arah ujung jari atau menjatuhkan ke arah pergelangan tangan
    • Loop Umum : Tipe yang paling umum dari sebuah sidik jari
    • Loop Memusat : Sebuah cetakan yang menukik yang memasuki dan berangkat dari sisi mengungkap kemampuan
  •  Double Loop : sama dengan Whorl
  • Triradius : Untuk menunjuk dengan pusat dari setiap gunung

Sebenarnya jenis sidik jari dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu :

  • Visible Impression adalah sidik jari yang dapat langsung dilihat tanpa menggunakan alat bantu.
  • Laten Impression adalah sidik jari yang biasanya tidak dapat dilihat langsung tetapi harus menggunakan beberapa cara pengembangan terlebih dahulu supaya nampak lebih jelas.
  • Plastic Impression adalah sidik jari yang berbekas pada benda yang lunak seperti sabun, gemuk, permen, coklat.

Untuk sidik jari yang mengalami kerusakan atau cacat terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Cacat sementara adalah cacat pada bagian kulit luar (epidermal) dan garis yang mengalami cacat/rusak tersebut dapat sembuh kembali seperti semula.
  • Cacat tetap adalah cacat yang disebabkan ikut rusaknya garis sampai lapisan dermal sidik jari yang cacat tetap atau sementara biasanya tidak akan mwmpwngaruhi identifikasi terhadap jari kecuali apabila sidik jari rusak sama sekali.
Pada umumnya penggunaan sidik jari dewasa digunakan sebagai alat autentifikasi, misalanya untuk absensi sidik jari elektronik. Sebagi alat identifikasi misalnya untuk pembuktian forensik, dan pada saat ini kita gunakan pada Kartu Tanda Penduduk Serba Guna.

Pada Kartu Tanda Penduduk Serba Guna, sidik jari di pergunakan sebagai alat penyimpan identitas, juga sebagai alat untuk membantu menurangi tindak pencurian, karena dengan menyantumkan perekaman sidik jari ulang maka Kartu Tanda Penduduk ini hanya dapat di pergunakan oleh si pemilik itu sendiri.

Mengapa harus menggunakan sidik jari? Karena sidik jari yang ada pada setiap manusia tidak akan hilang walaupun jari mereka yang di buat untuk merekam sidik jari tengah terluka / tergores. Sidik jari akan berguan sangat efisien ketika kita melakukan transaksi menggunakan Kartu Tanda Penduduk Serba Guna ini. Penggunaan sidik jari pada Kartu Tanda Penduduk Serba Guna sangat mudah sekali dan tanpa ribet.

Posting Komentar